Pengobatan Alami Mengatasi Diabetes Melitus Tipe 2


Diabetes Mellitus (DM) merupakan suatu penyakit dimana terjadi gangguan metabolik yang ditandai khas dengan kenaikan kadar glukosa dalam darah.
Diabetes terdiri dari 2 jenis utama antara lain, diabetes tipe 1 dan tipe 2.
Jenis diabetes yang paling umum dan sering terjadi di Indonesia adalah diabetes melitus tipe 2. Sekitar 80% pengidap diabetes di Indonesia  termasuk dalam jenis diabetes.

Diabetes melitus tipe 2 terjadi akibat penurunan produksi insulin dalam tubuh sehingga tidak berfungsi secara maksimal layaknya tubuh normal lainnya atau bisa disebabkan oleh karena tubuh yang kurang peka terhadap insulin.
Reaksi ini lebih dikenal dengan istilah resistensi insulin.
Jika tubuh kekurangan insulin maka kadar gula (glukosa) darah akan meningkat drastis.
Penyakit ini lebih cenderung terjadi pada orang dewasa.
Survei pada tahun 2013 menyatakan bahwa penderita diabetes di Indonesia telah mencapai 8,5 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun dan diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya.
Penyebab munculnya penyakit ini lebih dikarenakan faktor keturunan dan pola hidup yang tidak sehat.
Gejala klasik dari penyakit diabetes melitus tipe 2 dikenal dengan istilah 3P, yaitu polyuria (peningkatan frekuensi berkemih), polypagia (rasa lapar yang berlebihan), polydipsia (rasa haus tinggi), dan penurunan berat badan yang drastis.
Selain itu juga terdapat gejala lain seperti rasa gatal, peradangan kulit yang menahun, kesemutan, luka yang sulit sembuh hingga komplikasi lainnya.
Pengobatan diabetes melitus tipe 2 bertujuan mempertahankan keseimbangan kadar gula darah serta mengendalikan gejala mencegah terjadinya komplikasi.
Pola hidup yang sehat merupakan kunci utama mengendalikan penyakit ini.
Namun jika dengan pola hidup tidak mampu untuk mengendalikan maka diperlukan pengobatan yang membutuhkan obat-obatan untuk menjaga keseimbangan kadar zat gula darahnya.
Proses pengobatan biasanya diawali dengan obat tablet yang jika memang tetap tidak ampuh maka beralih pada terapi suntikan salah satunya insulin.

1.   Diet
Diet bermanfaat dalam memberikan semua unsur makanan esensial (misalnya: vitamin serta mineral), mencapai berat badan ideal, memenuhi kebutuhan energi serta mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah.


2.   Latihan
Latihan juga memeran pegangan penting dalam mengatasi Diabetes Mellitus tipe 2.
Latihan atau olahraga secara rutin dan teratur dapat menurunkan kadar gula darah, Latihan fisik yang dilakukan tidak perlu yang berat seperti jogging, jalan cepat, lari, jalan lambat, bersepeda, atau berenang.
Lakukan hal ini minimal 3-4 kali dalam seminggu dalam kurun waktu 30-60 menit.


3.   Manggis
Manggis memang memiliki seribu manfaat yang tidak ada tandingannya.

Kandungan antioksidan Mangosteen yang terdapat pada kulit manggis ternyata mampu mengontrol kadar gula darah.

Kandungan mangosteen berfungsi layaknya Acarbose (salah satu jenis obat Diabetes), dimana dia akan bekerja dengan menghambat enzyme Amylase, sehingga karbohiodrat yang dikonsumsi  tidak langsung dipecah jadi glukosa dalam darah.

Hal ini mengakibatkan kadar gula dalam darah akan lebih terkontrol.

selain itu kandungan Mangosteen pada kulit manggis juga bersifat anitioksidan yang menghambat pengendapan antara lemak dan sel darah pada pembuluh darah pasien penderita Diabetes melitus tipe 2.

Sehingga komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin.

Pada penderita diabetes dapat mengkonsumsi ekstrak kulit manggis ini sebanyak 2-3 kali per hari secara teratur, akan lebih baik jika dikonsumsi 2 jam sebelum makan dengan porsi besar.


4.   Berry
Segala jenis buah berry bermanfaat bagi kesehatan tubuh termasuk dalam mengendalikan kadar gula dalam darah.

Berry memiliki kandungan yang tinggi akan serat, asam folat, vitamin C dan fitokimia.

Berry sendiri menjadi buah yang memiliki kandungan karbohidrat terendah serta memiliki indeks glikemik terendah dibanding buah-buahan lain.

Berry juga membantu pencernaan serta penyerapan sukrosa yang berperan dalam mengontrol kadar gula darah.


5.   Cherry
Tidak kalah dengan berry, buah cherry juga menjadi salah satu buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga sangatlah cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes melitus tipe 2.

Kandungan buah cherry yang lain seperti antioksidan, beta karoten, kalium, vitamin C, magnesium, serat, besi serta folat yang sangat baik bagi tubuh.

Selain itu, cherry juga mengandung anthocyanin yang membantu dalam  menurunkan kadar gula darah (glukosa) dengan meningkatkan produksi insulin hingga mencapai 50%.

Demikianlah Pengobatan Alami Mengatasi Diabetes Melitus Tipe 2.

Semoga Bermanfaat.





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengobatan Alami Mengatasi Diabetes Melitus Tipe 2"

Posting Komentar